Senin, 30 Juli 2007

Otentikasi rest di rails

Selama lebih dari 1 minggu ini saya mencoba untuk membuat api papayanews. Karena papayanews di kembangkan dengan menggunakan ruby on rails, tampaknya akan lebih mudah jika menggunakan REST (Representational State Transfer), dimana proses scaffolding, generating model dan controller untuk REST telah didukung oleh rails.

Tapi yang menjadi masalah, bagaimana prosedur otentikasi di REST ? Jika melihat implementasi REST pada platform seperti twitter, penggunaan otentikasi REST ini dilakukan dengan menggunakan HTTP Basic Authentication. Dari pencarian google juga ditemukan link berikut, mengenai plugin untuk melakukan otentikasi di rails menggunakan Basic Authentication.

Ternyata cukup mudah, yang perlu dilakukan adalah instalasi restful_authentication plugin pada rails, kemudian melakukan 'generate authenticated' untuk model user dan session. Yang sedikit menjadi kesulitan adalah prosedur otentikasi sebelumnya telah dibuat, sehingga memerlukan sedikit modifikasi terhadap "generated" file dari plugin tersebut. Dan ada beberapa bagian yang perlu di penggal, seperti bagian otentikasi pada form html (karena ini telah di buat sebelumnya), yang digunakan hanyalah implementasi filter Basic Authentication (yang berasal dari "generated" files tadi).

Comments