Kamis, 05 Juli 2007

Amazon S3

Sebelumnya belum ngeh, makhluk macam apaan Amazon S3 ini. Setelah cari cari di google, dan langsung baca di situs Amazon S3, barulah terbuka cakrawala. Hmm... menarik juga nih layanannya, kalau bisa dapat storage yang gra... eits.. ada pricingnya. Langsung dah il-fil.

Selang beberapa lama sempat lupa yang namanya Amazon S3, sebelum akhirnya kena batunya. Pada saat ini saya hosting untuk situs kecil-kecilan, di situs tersebut terkadang terdapat masalah untuk melakukan upload gambar. Sebabnya karena hostingnya kelas kambing. Pikir punya pikir, kenapa enggak pake solusi pihak ketiga untuk menyimpan gambar dan benda-benda lain yang butuh bandwidth besar.

Okelah, kita kasih Amazon S3 kesempatan kedua, kita lihat pricingnya, wow.. ternyata murah juga yah... ada 3 komponen harga disitu, kapasitas penyimpanan, besar transfer data dan banyak nya akses untuk permintaan Put, List atau Get (web service).

Baik, mari kita mulai hitung, andaikan ada 100 buah gambar dan satu gambar besarnya 102.4 Kb, artinya butuh penyimpanan 10 MB. Harga untuk penyimpanan adalah o.15 dollar per GB/bulan, artinya harga yang harus dibayar adalah 0.15 dollar (1500 rupiah) dibagi 100 bagian (karena cuma 10 MB). Hasilnya adalah 15 rupiah per bulan cuma untuk penyimpanan saja (untuk komponen yang lain silahkan hitung sendiri, karena kepala rasanya sudah nyut2 dan puyeng2). Looh.. koq murah pisan.. apa salah hitung yah..


Yo wis lah.. daripada pusing-pusing mending kita coba saja, jadi nantikan saja investigasi Amazon S3 ini, sepertinya bisa jadi solusi murah untuk hosting-hosting kelas kambing macam situs saya tadi.