Rabu, 18 Juli 2007

libpurple

Pasti sudah banyak yang mengenal Gaim, yap.. instant messenger yang bisa jalan di banyak OS, mendukung banyak jenis platform IM (jabber, ym, msn, etc.), dan masih banyak lagi keunggulannya. Kini namanya berubah menjadi Pidgin. Library yang berada dibelakang software open source ini pun berubah nama dari libgaim menjadi libpurple.

Tertarik ngoprek-ngoprek library ini karena meebo dan banyak situs juga menggunakan library libpurple ini untuk beriteraksi dengan instant messenger.

Langkah pertama dari oprekan kali ini adalah mencoba untuk melakukan kompilasi. Pertama-tama kita coba untuk platform Windows, siapa tau nanti kita bisa buat aplikasi messenger yang menarik, dapat tutorial kompail di windows dari sini. Oh btw, dari wiki pidgin ini banyak informasi yang berguna untuk developer, jika anda menemukan masalah, anda mungkin dapat mencari solusinya disana.

Kemudian puas bermain-main dengan versi windows, saya coba melakukan kompilasi di fedora core 4. Ternyata lebih mudah untuk melakukan kompilasi di linux dibandingkan windows. Walhasil mulailah ngoprek-ngoprek libpurple ini dari program kecil (example program) yang ada.

Hasil oprekan kali ini akan coba di integrasikan dengan papayanews agar user dapat melakukan pengecekan inbox melalui messenger. Ini cuma ide awal supaya hasil oprekan ini tidak mubazir. Kalau ada yang punya ide lebih bagus, mungkin bisa komentar disini :D.

Jika ingin mencoba hasil oprekan kali ini, tunggu tanggal mainnya ok...